Nyeri sendi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang. Hal tersebut akan menyebabkan pergerakan dan kualitas hidup penderitanya menjadi terganggu. Nyeri sendi bisa berlangsung singkat atau lama. Tingkat keparahan rasa sakitnya juga bervariasi, mulai dari ringan, menengah, hingga berat.

Penyebab Umum Nyeri Sendi

Nyeri sendi bisa disebabkan oleh cedera pada bursa, ligamen, tulang rawan, tendon, dan tulang-tulang di sekitar sendi. Berdasarkan jumlah sendi yang terkena, nyeri sendi dikelompokkan menjadi dua, yaitu nyeri pada satu sendi dan nyeri pada beberapa sendi. Nyeri pada satu sendi paling sering terjadi pada sendi lutut.

Ada beberapa macam penyebab nyeri pada satu sendi, diantaranya adalah kerusakan tulang rawan di belakang tempurung lutut, patah tulang, kanker, dan penyakit asam urat yang menyebabkan rasa sakit berulang disertai panas dan kemerahan. Sedangkan jika nyeri yang terjadi pada beberapa sendi biasanya terjadi karena peradangan pembuluh darah dan pembengkakan jaringan di dalam atau sekitar sendi yang diakibatkan kerusakan permukaan pelindung tulang.

Manfaat minum air alkali

`

Kiat Jitu Cegah Dan Atasi Nyeri Sendi

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani dan mencegah datangnya nyeri sendi. Dimulai dari beristirahat yang cukup, mengompres bagian sendi yang sakit dengan kantong es selama 15 – 20 menit, dan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri yang beredar luas di pasaran dan dijual bebas di apotek, seperti ibuprofen atau paracetamol. Untuk mencegah rasa sakit bertambah parah, hindarilah aktivitas fisik atau gerakan-gerakan yang melibatkan sendi-sendi yang sedang nyeri.

Namun, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah datangnya nyeri sendi. Air alkali atau air minum yang memiliki pH yang tinggi memiliki manfaat yang sangat banyak. Manfaat minum air alkali dapat dirasakan oleh para penderita nyeri sendi. Air alkali yang bersifat basa sangat baik bagi kesehatan dan dapat mendorong cairan agar bisa mencapai sendi dan otot tubuh.

Cairan ini akan membantu sendi agar mudah digerakkan dan tidak kaku. Keluhan penyakit sendi yang sering terjadi pada orang tua karena asupan kalium yang terus berkurang akan menyebabkan penyakit radang sendi. Dengan air alkali maka semua bagian sendi akan bekerja dengan baik. Itulah salah satu manfaat hidup sehat dengan air mineral yang dapat dirasakan oleh para penderita nyeri sendi.